9.27.2015

4 Stage of Technology

Belakangan ini agak geram dengan komentar-komentar dan tingkah laku orang Indonesia. Dalam hal inkubasi teknologi dan inovasi, boleh dibilang orang Indonesia terhitung sebagai orang yang tidak sabar. Banyak sekali penemuan yang hancur sebelum matang. Gagasan yang mati dibunuh bahkan sebelum gagasan itu sendiri berkecambah. Ku pikir itu semua karena kegagalan kita untuk menyadari bahwa dalam proses penelitian dan pengembangan terdapat 4 stage of technology. Pemahaman akan stage of technology ini penting sekali untuk membantu kita membuat perencanaan R&D yang lebih matang dan tentunya sampai pada tahap berguna bagi masyarakat.

4 stage of technology berbicara tentang 4 tingkatan evolusi teknologi. Pada tingkat pertama, sebuah teknologi begitu berharga, bahkan sampai dijaga ketat agar tidak diketahui orang lain. Contohnya saja teknologi kertas yang kita kenal sekarang. Kertas pertama kali ditemukan di Mesir dalam bentuk Papyrus. Gulungan papyrus ini begitu berharga sampai satu gulungan saja dijaga oleh beberapa orang pendeta Mesir.

Pada tingkat yang kedua sekitar tahun 1450, ditemukan alat cetak oleh Gutenberg yang memungkinkan seseorang memiliki pengetahuan dari beberapa ratus gulungan tulisan dengan cepat. Sebelum penemuan Gutenberg, hanya terdapat 30.000 buku diseluruh Eropa. Sedangkan setelah penemuan Gutenberg, terdapat sekitar 9 juta buku. Namun pada tingkat kedua ini, teknologi tersebut masih mahal dan eksklusif untuk beberapa orang tertentu. Sebagian besar dari 9 juta buku tersebut dimiliki hanya oleh akademi dan universitas tertentu saja.

Masuk ketingkat ketiga pada tahun 1930, harga kertas menjadi sangat murah. Kertas dijual secara grosir dan besar-besaran. Kertas ada dimana-mana dan mudah ditemukan. Semua orang dapat memiliki kertas dengan harga yang murah. Sekarang, kertas sudah sampai pada tingkat keempat. Kita dapat menemukan kertas dengan beragam variasi warna, bentuk, bahan dan ukuran. Kertas menjadi kebutuhan dasar untuk beragam hal. Mulai dari untuk kepentingan akademik sampai dekorasi acara ulang tahun. Faktanya salah satu sampah terbanyak yang dihasilkan oleh kota-kota besar adalah kertas.
Sedikit mengulang dan menjelaskan, 4 stage of technology dibagi menjadi:
  1. Stage 1 (Teknologi berharga dan dirahasiakan keberadaannya dan biasanya dimiliki satu lembaga tertentu saja)
  2. Stage 2 (Teknologi menjadi lebih murah, bisa dimiliki secara personal untuk orang-orang tertentu/ekslusif)
  3. Stage 3 (Teknologi menjadi murah dan dapat ditemukan dimana saja, semua orang dapat memilikinya)
  4. Stage 4 (Teknologi menjadi jauh lebih murah dan menjadi kebutuhan dasar. Bahkan sampai terbuang sia-sia)  
Dalam pengembangan teknologi kita selalu memiliki pilihan tingkatan teknologi yang mana yang ingin kita teliti. Kematangan suatu teknologi menunjukkan di tingkat berapa teknologi tersebut berada. Semakin matang maka teknologi tersebut semakin mudah dinikmati masyarakat.


0 komentar :

Posting Komentar